Book Review | Indonesia

Dokumen 8 by Probo Nella

January 17, 2019

Sebuah situs misterius menyelamatkan tujuh pelaku serta korban kasus pidana dan berbagai ancaman maut. Mereka hanya perlu mendaftar sebagai anggota di situs itu dan pertolongan apa pun akan langsung diberikan. Dengan cuma-cuma.

Tapi, apa memang benar semua kebaikan itu datang dengan gratis?

Ketika muncul sebuah surel anonim, para anggota mulai membongkar kisah kelam mereka melalui beberapa dokumen. Satu dokumen terakhir muncul untuk mengubah segalanya. Memaksa mereka melupakan masa lalu serta akhir bahagia yang mereka miliki.

Sekali lagi, hidup tujuh orang itu diletakan pada tepi jurang maut.

♦♦♦oOo◊◊◊

Situs misterius dibuat dengan tujuan menolong orang-orang yang dalam kesusahan, mereka yang harus merasakan hitam-putih dan ketidakadilan dunia. Entah bagaimana orang-orang ini berhasil ditemukan dan ditolong oleh mereka yang berada di balik situs. Tak peduli siapa dan apa latar belakang mereka, kaya ataupun miskin, pertolongan itu selalu tiba disaat yang tepat dan dengan cara tak terduga. Namun mereka yang telah mendaftar menjadi anggota tak pernah tahu siapa penolong mereka. Tidak sampai situs dan masa lalu para anggota  terancam terpublikasi.

“Menurutku masalah itu seperti energi, tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, hanya berubah bentuknya. Bagi yang bisa menerima, masalah hanya ada dalam sebuah ketiadaan. Bagi yang menentangnya masalah muncul dalam setiap keberadaan, menembus segala kesadaran hingga kau tidak bisa mengelak, bahwa tidak peduli sejauh apa kalian berjuang, masalah akan tetap bertahan.” –Hal. 276

 

Freedom, Diamond, Life, Hero, Hope, Little Lady dan Shadow.  Sebagai anggota mereka memiliki kode nama masing-masing. Ketujuh orang ini tak akan bisa menghapus masa lalu mereka yang kelam dan mereka pun tak akan pernah berhenti berterima kasih dan mengucap syukur atas kesempatan kedua dan kehidupan baru yang bisa mereka nikmati sekarang. Satu-persatu dengan sukarela menceritakan kembali kisah pahit yang sudah bertahun-tahun lamanya ditinggalkan, dan masing-masing dari mereka memiliki pertanyaan yang serupa kepada orang yang meminta menggali ingatan mereka kembali.

Siapakah orang-orang di balik situs ini? Bagaimana para anggota bisa ditemukan dan ditolong? Apa yang akan terjadi pada anggota jika situs ini terbongkar?

Cerita yang ditulis dengan apik dan menarik. Sang penulis, Probo Nella, menggunakan alur mundur untuk memberikan informasi kepada pembaca secara perlahan tapi pasti mengenai masalah utama dalam cerita, tanpa mengungkapkan para karakter utama sejak awal bahkan hingga mencapai pertengahan buku.

Narasi utama secara bergantian dibahas setelah karakter-karakter anggota menceritakan masa lalu mereka. Masing-masing dengan ciri khasnya sendiri sehingga cerita mereka terasa lebih nyata. Diantara cerita-cerita ini karakter utama diperkenalkan dengan cerita acak tentang kehidupan mereka hingga akhirnya dokumen terakhir memperjelas siapa mereka, apa tujuan dan bagaimana mereka terbentuk.

Masalah yang diangkat sebagai latar belakang para anggota pun beragam, mulai dari kekerasan verbal mempengaruhi mental dan perkembangan anak kecil, seorang gadis yang harus putus sekolah demi menghidupi dua orang keluarganya yang tersisa, seorang anak lelaki yang harus merasakan kerasnya hidup sendiri tanpa uang dan siapapun hingga ia diculik dan menjadi korban human trafficking. Ada pula kisah anak SMA yang karena iri dan dengki dari sahabatnya sendiri hingga ia dijebak dalam hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, disalahkan oleh orang tuanya tanpa tahu masalah sebenarnya hingga di bully. Kisah yang lain tentang sepasang anak kembar yang mengalami kecelakaan dan terbangun tanpa memori apa pun kecuali bahwa mereka adalah kakak-beradik. Lagi seorang gadis muda harus merasakan pahitnya ditinggal oleh bapaknya sendiri karena ditipu oleh selingkuhan hingga usaha mereka bangkrut, dengan ibu yang dirawat di rumah sakit hingga ia harus tinggal di rumah kakak perempuannya, yang ternyata tak sebaik yang ia kira.

Aku suka cara penulisan yang dipilih Probo Nella, dengan alur membuat pembaca merasa penasaran hingga ingin terus membalikkan buku. Karakter utama yang merupakan orang yang menjalankan situs misterius ini dijelaskan di akhir dokumen. Sungguh membuat penasaran tanpa mengurangi keseruan cerita. Walaupun secara tak langsung pembaca telah diperkenalkan kepada mereka lewat potongan-potongan cerita yang tampak tak berhubungan.

Karakter-karakter dalam buku ini seperti titik-titik yang tampak terpisah namun pada akhirnya akan bisa menyatu membentuk satu gambaran utuh. Sayangnya sinopsis di bagian belakang buku yang kurang sesuai dengan inti utama cerita, hingga penggambaran masalah utama dalam sinopsis tidaklah terasa ‘wah’. Penyelesaian masalah pun hanya tersirat dan para karakter memiliki cerita dengan plot-hole yang terasa kurang.

Meski demikian buku ini aku rate dengan 4 bintang karena telah berhasil membuatku terhanyut dengan 8 cerita berbeda, gaya penulisan dan penokohan menarik di dalamnya. Buat book-lover yang suka dengan genre misteri atau thriller, Dokumen 8 bisa menjadi salah satu judul yang kalian pilih untuk masuk list TBR tahun ini.

Judul : Dokumen 8
Penulis : Probo Nella
Tanggal terbit : 27 Agustus 2018
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 320 halaman
Edisi Cover : Softcover
Edisi bahasa : Bahasa Indonesia

ISBN : 9786020398587

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *