Book Review | Indonesia

Book Review : The Dead Returns

June 5, 2018

Judul : The Dead Returns (Houkago ni Shisha ha Modoru)

Penulis: Rikako Akiyoshi

Penerbit: Haru

Tahun Terbit: Oktober 2017, cetakan ke 8

Edisi Bahasa: Indonesia

Halaman : 252

ISBN : 978-602-7742-57-4

Koyama Nobuo meninggal karena jatuh dari atas tebing hanya beberapa minggu setelah semester baru dimulai. Sebuah kejadian yang dianggap kecelakaan, tapi ia sendiri tahu kalau ia dibunuh. Seseorang mengajaknya bertemu lalu mendorongnya jatuh. Koyama tidak sendiri saat maut menjemputnya, seseorang yang melihatnya jatuh mencoba menolong sebelum ikut jatuh, tepat di sampingnya.

Takdir berpihak pada Koyama, ia diberi kesempatan untuk bertahan hidup. Namun saat membuka mata ia mendapati dirinya tidak seperti yang dulu. Ia lolos dari maut dan terbangun sebagai Takahashi Shinji. Orang yang pada malam ia didorong ikut jatuh bersamanya. Koyama pun bertekad untuk menemukan pelaku pembunuh dirinya dengan memulai hidup baru sebagai Takahashi Shinji.

Takahashi Shinji adalah anak laki-laki yang seumuran dengan Koyama, namun mereka sangat berbeda satu yang lain, Takahashi memiliki paras yang tampan, disenangi banyak murid-murid wanita, bisa memainkan gitar dan pintar walaupun ia terbiasa merokok. Hal itu membuat ‘Koyama’ mendapat perlakuan yang berbeda dari teman-teman sekelasnya saat ia kembali sebagai murid pindahan. Sesuatu yang tak akan pernah terjadi jika ia adalah Koyama Nobuo yang sebenarnya. Ia pun menggunakan kesempatan itu untuk mendekati satu-persatu teman-temannya, mencari tahu apa yang mereka lakukan di malam ia dibunuh. Tak semudah yang ia pikirkan, beberapa dari mereka memiliki alibi yang sulit untuk di ketahui kebenarannya. Di saat yang sama dia mendapat peringatan misterius yang masuk ke telepon genggam miliknya, atau lebih tepatnya milik Takahashi Shinji. Berisi peringatan untuk berhenti mengorek-ngorek informasi tentang kejadian malam itu.

Koyama tidak ingin berhenti, namun di sisi lain ia merasakan dilema dengan kehidupannya sekarang. Walaupun semuanya berjalan baik ia merasa bersalah pada orang-orang yang mengenalnya sebagai ‘Takahashi Shinji’. Ia merasa seakan telah merebut hak Shinji untuk hidup dan menikmati kehidupan yang baik itu. Pada akhirnya Koyama tetap meneruskan penyelidikannya hingga akhir yang tidak di duga dan fakta yang tak pernah terbayangkan olehnya.

Semua orang yang hidup maupun yang berhasil bertahan hidup dari kematian, mereka yang pernah begitu dekat dengan maut pasti memiliki arti dan tujuannya sendiri mengapa diberi kesempatan kedua. Hal ini tersirat dalam cerita The Dead Returns karya Rikako Akiyoshi ini. Pada awal cerita Koyama menceritakan tentang tahun-tahun sebelum ia ‘meninggal’. Ia merupakan siswa yang ‘tak tampak’ di mata teman-teman atau pun gurunya. Koyama terlalu minder untuk berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi melihat teman-teman yang lain yang menurutnya tampak keren dan berbeda darinya, ia langsung menyimpulkan akan sulit untuk mendekati mereka dan ia tidak akan disukai. Namun ketika menjadi Takahashi ia bisa melihat teman-teman sekelasnya dari kacamata yang berbeda, batasan yang ia bangun karena anggapannya terhadap mereka mulai runtuh, dan perlahan ia mulai berbaur. Walaupun dia menggunakan tubuh Takahashi namun jiwanya tetaplah Koyama. Bahkan hingga akhir cerita pun Koyama memilih untuk mengubah pola pikir terhadap orang-orang di sekitarnya dan lebih bersikap terbuka.

Saya memberi rating 4 dari 5 bintang, untuk yang sudah pernah membaca novel karya Rikako Akiyoshi yang sebelumnya bagi saya novel ini terasa sama dengan novel-novel sebelumnya. Pola ceritanya tidak banyak berubah, satu masalah/kasus dengan banyak tersangka yang akan sulit di tebak, masing-masing dari mereka akan melakukan sesuatu yang membuat kita mencurigainya lalu mereka mempunyai alibi yang rasanya sulit untuk di patahkan. Serta akhirnya akan sangat berbeda dari apa yang kita bayangkan.

Karakter-karakter yang dibangun dengan baik dan akan mengalami perubahan seiring dengan berjalannya cerita, dan misteri yang ingin dipecahkan akan membawa pembaca terhanyut dengan jalan cerita yang disuguhkan. Jika anda menyukai misteri, maka buku ini pantas untuk berada di rak baca anda. Jika anda pernah membaca beberapa novel Rikako Akiyoshi dan menyukainya, buku ini dapat dijadikan koleksi tambahan yang sama menariknya dengan karya-karya sebelumnya.

Only registered users can comment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *